Makanan untuk Kesehatan Fisik dan Psikis yang Harus Diketahui

Tahukah Anda bahwa ada makanan yang juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan psikis. Mungkin Anda sering mendengar kalimat bahwa apa yang kita makan, akan dalam tergambar kesehatan tubuh.

Makanan dapat memberikan efek buruk dan baik untuk tubuh, bahkan makanan yang tidak tepat tidak hanya membuat tubuh mudah sakit kamu juga berpengaruh pada kesehatan jiwa seseorang.

Makanan untuk Kesehatan Fisik dan Psikis yang Harus Diketahui

Jika ingin terhindar dari berbagai macam penyakit, pilihlah makanan yang tepat. Selain berolahraga, pola makan juga perlu diperhatikan dengan baik. Tidak hanya perlu mempertimbangkan kesehatan tubuh, Anda juga perlu memperhatikan kesehatan mental.

Pada artikel kali ini kami akan membahas deretan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh dan kesehatan mental. Karena kesehatan mental dan tumbuh saling berkaitan dan memiliki keterkaitan sangat kuat.

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Fisik dan Psikis

Apa yang Anda makan mempengaruhi bagaimana kondisi fisik Anda dan ketika jiwa Anda juga tidak sedang baik, misalnya sedang mengalami stres atau depresi maka tubuh juga menjadi tidak bugar dan mudah sakit.

Setiap orang perlu mengendalikan stres agar mental tetap sehat karena seseorang dengan kondisi mental tidak stabil membuat kesehatan tubuhnya juga terganggu. Hingga beberapa makanan ini juga bisa diterapkan dalam pola makan sehari-hari:

  1. Lemak ikan

Cobalah untuk mengonsumsi makanan mengandung asam lemak omega-3 yang sangat tinggi seperti ikan salmon sarden atau makarel. Selain baik untuk kesehatan tubuh, makanan tersebut juga baik untuk kesehatan mental.

Lemak ikan terbukti dapat mengurangi gejala skizofrenia, sindrom ADHD hingga depresi, bahkan ketika Anda rutin mengonsumsinya maka juga bisa memperlambat penurunan kognitif otak yang dipengaruhi oleh faktor usia.

  1. Gandum utuh

Karbohidrat sangatlah penting untuk tubuh karena merupakan bahan bakar utama yang terdiri dari gula namun sebenarnya karbohidrat terbagi menjadi dua jenis yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat sederhana bisa dipecah dengan mudah namun sayangnya bisa memicu kenaikan kadar gula darah sedangkan untuk karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah gula.

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa asupan gula berlebih bisa meningkatkan gangguan mental sehingga Anda sebaiknya memilih karbohidrat kompleks untuk menjaga kesehatan mental.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, mungkin manfaatnya sudah tidak diragukan lagi. Asam amino yang terkandung di dalam sayuran hijau sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan psikis.

Asam amino tersebut bisa berpengaruh pada produksi hormon, sehingga sangat berpengaruh pada suasana hati seseorang misalnya seperti bayam, sawi, brokoli yang mengandung asam folat tinggi dan lain-lain.

  1. Buah berry

Buah berry sendiri masuk dalam daftar menu pencuci mulut atau yang bisa dinikmati setelah makanan berat. Namun siapa sangka jika dalam beberapa penelitian menemukan bahwa jus dari buah berry dapat membantu orang dewasa mengembalikan ingatan mereka.

Buah berry memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi sehingga dapat menurunkan stres serta meningkatkan daya tangkap otak sehingga Anda bisa mengonsumsinya untuk meminimalisir masalah pada otak.

  1. Yogurt

Berbagai makanan hasil fermentasi seperti yoghurt, kimchi, acar, kefir, tahu dan lain-lain tidak hanya baik untuk kesehatan fisik dan melancarkan pencernaan. Faktanya makanan tersebut mengandung probiotik yang dapat meringankan depresi.

Terdapat kandungan lactobacillus di dalamnya yang berfungsi mengusir bakteri jahat serta memblokir produksi hormon serotonin dan dopamin yang membuat suasana hati menjadi tidak menentu.

Dari beberapa makanan yang baik untuk kesehatan di atas tentunya sangat mudah didapatkan, sehingga Anda bisa memulai hidup sehat dengan menjaga kesehatan fisik dan psikis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *